Pilih Mana Join Open Trip Atau Share Cost??


pantai kuta Bali

Menuju liburan akhir tahun nih. Sudahkah kalian merencanakan liburan versi kalian di akhir tahun ini?
Ketika akan berlibur banyak persiapan yang harus dipersiapkan, salah satunya mempersiapkan beberapa akomodasi seperti transportasi dan tempat menginap, keduanya jika tidak dipersiapkan secara tepat akan mempengaruhi nyaman atau tidaknya liburan kita lho.. Kali ini aku akan memberikan sedikit informasi mengenai pengalamanku bagaimana caranya dapat mengunjungi destinasi liburan impian yang efektif dan efisien. Join open trip atau share cost merupakan cara yang mudah untuk mengunjungi destinasi liburan impianku selama ini.
Bagi kalian yang belum tau apa itu open trip dan share cost aku bakal kasih tau sedikit infonya disini. 


Kita yang mungkin sendiri atau kelompok kecil ingin mengikuti suatu trip dengan rombongan lebih banyak dan seru ke destinasi tertentu dengan membayarkan sejumlah uang kepada penyelenggara open trip. Inilah yang dinamakan join open trip. 
Kelebihan menggunakan jasa open trip antara lain kemudahan dalam transportasi, jadi tak perlu repot memikirkan bagaimana cara menuju destinasi wisata. Kedua, telah tersusun itinerary yang akan membuat liburan kita lebih efektif dan efisien. Ketiga,  akomodasi terjamin. Ketika kita menggunakan jasa open trip lebih dari satu hari, maka penginapan dan makan sudah termasuk di dalam kesepakatan. Sebelum melakukan kesepakatan sebaiknya tanyakan hal yang menjadi hak kita sebagai pengguna jasa open trip. 
Tips memilih penyelenggara open trip yang terpercaya antara lain, jangan tergiur harga murah dan destinasi indah. Kita juga perlu memperhatikan reputasi atau track record penyelenggara, dapat dilihat dari testimoni pengguna jasa open trip tersebut. Pilihlah jasa open trip yang telah memiliki jam terbang tahunan. Pastikan Kontak dan website selalu update. Pastikan syarat dan hak kita tertulis dengan jelas. 
Berbagai destinasi wisata ditawarkan oleh jasa open trip mulai dari laut hingga gunung, dari theme park hingga wisata yang memacu adrenalin. Semuanya kembali lagi kepada kita, mau memilih destinasi yang mana dan open trip seperti apa yang sesuai dengan budget liburan kita. Agar nyaman saat berlibur dengan menggunakan jasa open trip, siapkan stamina tubuh kalian karena banyaknya aktivitas saat open trip di alam bebas. Sering - seringlah  untuk bertanya hal yang belum mengerti kepada pihak penyelenggara. Sebaiknya dapat berbaur dengan traveler lain agar memiliki teman baru yang akan menambah keseruan liburan kalian. 
Kekurangan menggunakan jasa open trip antara lain tidak bebas menentukan destinasi wisata, karena telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dengan menggunakan jasa open trip, ketika akan menelusuri suatu destinasi wisata kita akan dibatasi oleh waktu yang telah disepakati. Tidak bisa memilih makanan dan tempat menginap.  Semuanya telah diatur di dalam itinerary.  
Berbeda dengan join open trip, liburan dengan cara share cost lebih  bebas memilih destinasi wisata yang ingin kita kunjungi dan tidak dibatasi oleh waktu. Makanan dan tempat menginap sesuai dengan keinginan dan budget kita. Semua biaya perjalanan akan dibagi rata sesuai jumlah peserta share cost. Sebelum mulai perjalanan biasanya akan menghitung budget atau biaya perjalanannya terlebih dahulu. Diperlukan juga komunikasi antar peserta share cost dan informasi yang akurat tentang destinasi yang akan dituju sebelum melakukan perjalanan agar liburan menjadi menyenangkan dan tanpa banyak kendala. 


Karena liburan tak harus mahal, tapi liburan harus senang.. 😁🙋

Jadi kapan kita kemana??? 


Comments

Popular posts from this blog

One Day Trip in Semarang (Part 3)

Menikmati Sabtu Malam di Kota Semarang #NovembeRain